Senin, 01 April 2013

Pengenalan Awal Olahraga Golf 1

Olahraga golf adalah olahraga permainan dengan menggunakan alat pemukul khusus disebut stick atau golf club untuk memukul bola sampai masuk ke lobang yang dimainkan di lahan luas yang dirancang secara khusus. Lahan ini biasa disebut lapangan golf atau padang golf (golf course). 

Lapangan Golf
Suatu padang golf memiliki sejumlah lubang (hole) sebagai sasaran dari permainan ini yang umumnya terdiri dari 9 lubang atau 18 lubang. kita harus menyelesaiakan 18 hole pada setiap satu game, berikut adalah contoh lapangan golf riverside jakarta
Bermain golf pada dasarnya bermain memasukkan bola ke dalam lubang sebanyak 18 kali, yang dimulai dari teebox  yang diakhiri dengan memasukkan lubang (hole atau cup) yang ada di putting green. Setiap hole hanya memiliki satu lubang.
Lubang tersebut biasanya ditancapkan dengan bendera. Demikian berulang-ulang pada lapangan-lapangan berikutnya sebanyak 18 lubang  

Bagian Lapangan pada setiap Hole




Disebelah adalah gambar hole 10 riverside golf club depok.Pukulan pertama dimulai dari teebox atau teeing ground. untuk pemain pro teeboxnya paling jauh dibelakang ditandai dengan patok batu hitam sedang untuk ladies teeboxnya didepan ditandai dengan patok batu merah, Teebox biasanya dibuat lebih tinggi sekitar 1 meter dan rumputnya dirawat dengan baik.




Tee off

Pukulan pertama dilakukan diatas teebox dan  dinamakan tee shot atau teeoff, hanya pada pukulan pertama kita diperbolehkan meletakkan bola diatas penyangga atau biasa disebut dengan tee

Setelah pukulan pertama, pemain memukul bola lagi dari posisi bola terakhir setelah pukulan pertama.
Pada pukulan kedua atau ketiga kita ber
usaha memukul bola untuk masuk di daerah putting green atau bisa disebut
green  saja 
Hasil pukulan pertama bola itu bisa mendarat di fairway ataupun di rough. Rumput di fairway dipotong pendek sehingga bola mudah untuk dipukul. Sedangkan di rough, rumputnya lebih panjang daripada di fairway sehingga bola sulit untuk dipukul. 

Rintangan atau hazards. 
 Setiap hole biasanya memiliki rintangan atau hazards. Rintangan terdiri atas dua macam yaitu; rintangan air seperti sungai atau danau, dan bunker berupa cekungan berisi pasir.
Bila masuk air bola dipukul dilapangan sejajar atau dibelakang jatuhnya air dikenai penalti satu pukulan, bila masuk bunker bola dipukul di bunker tersebut
Suatu course memiliki batas yang ditandai dengan pasak-pasak. Di luar tanda itu, dinamakan zona out of bounds atau singkatnya OB. Bila bola pemain mendarat di zona OB maka pemain akan menerima penalti 1 pukulan dan mengulang pukulan dari tempat sebelumnya. 
 


Putting Green
Setelah mencapai green, lazimnya pemain  memakai stik golf berpermukaan datar yang disebut putter. Rumput di green dipotong sangat pendek sehingga bola bisa bergulir dengan mudah. Lubang harus berdiameter 108 mm (4.25 inci), selalu berada di rumput dan memiliki kedalaman sedikitnya 100 mm (3.94 inci). Cup biasanya selalu ditandai dengan sebuah bendera sehingga pemain bisa melihatnya dari kejauhan.


Par.. Klasifikasi dari tiap Hole
Hole diklasifikasikan berdasarkan par. Par adalah jumlah pukulan yang diharapkan dapat dipenuhi pegolf yang bermain 'aman', di setiap hole.
Sebagai contoh, pada hole par 4, seorang pemain golf yang memiliki kemampuan diharapkan untuk mencapai green dalam dua pukulan (satu kali teeing shot, atau pukulan pertama, dan satu pukulan mendekati hole 'approaching shot'), dan melakukan dua kali putting untuk memasukkan bola ke lubang.
Dalam golf suatu hole bisa digolongkan ke dalam par 3, par 4, atau par 5. Par pada suatu hole biasanya ditentukan berdasarkan jarak dari teeing ground ke green. Jarak teeing ground ke green pada suatu hole ber-par 3 adalah antara 100 sampai 250 yard (91-244 meter). Hole ber-par 4 adalah 251-475 yard (225-434 meter), sementara hole ber-par 5 lebih dari 476 yard (435 meter) walaupun ada juga hole par 5 yang sejauh 600 yard (548 meter).

Pada sebagian besar padang golf 18 lubang, total pukulan adalah 72 kali yang terdiri dari 4 lubang ber-par 3, 10 lubang ber-par 4, dan 4 lubang ber-par 5.
Par sebuah hole dapat dinaikkan dan bisa pula diturunkan. Bila sebuah lapangan golf digunakan untuk turnamen tingkat internasional, hole par 5 yang dinilai terlalu pendek untuk ukuran rata-rata kemampuan pegolf kaliber internasional, maka kebanyakan hole par 5 yang pendek akan diturunkan par-nya menjadi hole par 4. Dalam kondisi seperti ini, adalah lumrah untuk kemudian bila kita menemukan lapangan golf yang 70 par atau 71 par saja (bukannya 72 par lagi).

Skor dalam golf

Permainan dihitung dan dicatat dalam scorecard dari berapa kali kita memukul bola dalam setiap hole, dan pada akhir permainan dihitung total pukulan dalam 18 hole
Skor dalam golf berbeda dengan skor dalam kebanyakan permainan lainnya. Pemain akan menang bila mendapat skor yang sedikit atau jumlah pukulan yang paling sedikit (bahkan hingga minus).  Berikut adalah skor dalam golf:

Istilah pada
scoreboard
Spesifikasi istilah Definisi
-3 double-eagle (albatross) tiga pukulan di bawah par
-2 eagle dua pukulan di bawah par
-1 birdie satu pukulan di bawah par
0 par jumlah pukulan sama dengan par
+1 bogey satu pukulan di atas par
+2 double bogey dua pukulan di atas par
+3 triple bogey tiga pukulan di atas par

hasil permainan dari setiap hole dituangkan dalam scorecard seperti dibawah ini


Selain di atas, ada juga yang dinamakan hole in one yaitu memasukkan bola dari teeing ground ke lubang dalam satu kali pukulan. Biasanya hole in one hanya terjadi pada hole ber-par 3.


1 komentar:

  1. Ikuti KONTES SEO RGOPOKER 2014 dengan TOTAL HADIAH 32 JUTA RUPIAH..


    Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi

    www.kontes-seo-rgopoker.net.
    www.kontes-seo-rgopoker.com


    HADIAH UNTUK 50 PEMENANG.


    gabung disini www.kontes-seo-rgopoker.net

    BalasHapus