Selasa, 02 April 2013

Memahami Jenis-jenis Stick / Klub Golf


Stick golf atau club, terdiri dari 3 jenis utama: wood untuk pukulan jauh, termasuk driver (wood no 1) untuk kepeluan tee-shot; iron  untuk pukulan menengah, mengincar area green (tempat hole); terkahir adalah putter untuk keperluan membuat goal memasukkan  bola di green

Satu set stick golf yang dimiliki pemain dalam golf bag nya itu biasanya yang dalam turnamen dibatasi maksimum 14 buah,   terdiri dari :


- 3  wood : No.1 (biasa disebut driver, pukulan pertama), no 3 dan 5.
- 7 iron: No. 3 - 9
- 1
iron pitching wedge : untuk jarak dekat
- 1
iron sand wedge : untuk di pasir
- 1 putter : untuk putting di green.


Ketiga jenis stick tersebut  memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda, jadi, para pemula bisa memulai mengoleksi 3 jenis stick untuk masing-masing kebutuhan

Wood
.

Jenis pertama dari klub golf adalah wood. Head klub golf ini pada awalnya dulu berbahan dasar kayu namun saat ini head Klub golf ini tidak terbuat dari bahan kayu lagi,  namun terbuat dari logam berongga, bisa titanium atau baja


Klub golf wood  dirancang untuk menghasilkan jarak terbesar dengan setiap stroke. Dari 14 klub dalam satu set standar, woods membuat kurang dari setengah.
Klub golf wood biasanya digunakan pada bagian untuk pukulan lurus dan panjang ke lapangan golf, karena karakternya memungkinkan untuk jarak jauh namun dengan akurasi yang tidak seakurat jenis stick yang lain.
Akurasi ini tentu bukan titik kuat dari woods, dan biasanya dibutuhkan latihan yang rutin supaya bisa menjaga bola di lapangan supaya tetap lurus. Woods juga klub-klub terpanjang di set.

Iron
Klub golf yang berikutnya adalah irons yang merupakan klub golf yang paling sering digunakan dalam permainan golf.
Irons jauh lebih fleksibel jika dibandingkan dengan 2 jenis klub yang lain sehingga jenis klub ini biasanya selalu dalam jumlah yang jumlah yang terbanyak dari klub di yang ada di tas pegolf.
Irons masih bisa mencapai jarak yang cukup besar namun tidak bisa sejauh woods. Semua tergantung dari material besi yang anda gunakan,Anda masih bisa mempunyai tingkat akurasi yang jauh lebih tinggi dan bisa memukul bola anda sesuai dengan jarak yang anda inginkan.

Iron biasanya dimulai dari no 3 sd 9 plus P (Pitching),  Iron 3 yang paling panjang shaftnya dan memiliki sudut kemiringan permukaan yang kecil, makin besar nomor ironnya  makin pendek shaftnya dan memiliki sudut kemiringan permukaan yang makin besar




Ada banyak jenis irons yang memiliki fungsi yang lebih spesifik, misalnya SW Sand Wedges yang bisa memudahkan untuk keluar dari jebakan pasir atau Wedges dengan ukuran 52 , 54, 56 , 60 derajad yang digunakan  untuk melakukan lob bola agar melambung jatuh di green tidak meluncur, bahkan dengan teknik tertentu bolanya bisa memiliki backspin yang tinggi sehingga ketika mendarat di green bisa meluncur mundur.

Berikut gambaran rata-rata jarak pukulan menggunakan wood dan iron



Putter

Jenis klub yang terakhir adalah klub golf putter, dan di dalam tas golf standar biasanya hanya berisi salah satunya.
Jenis klub ini biasanya  digunakan pada putting green pada akhir kursus, ataupun pada bagian lain dari program yang memerlukan akurasi halus.
Jenis klub putter dirancang khusus untuk  menjadi klub dengan akurasi yang sangat tinggi dan jarak yang paling pendek yang biasanya hanya mempunyai jarak beberapa meter dari target.
Bola yang dipukul menggunakan putters tidak bertujuan untuk terbang di udara namun sebaliknya putters hanya mendorong ringan di tanah di mana mereka akan menggulung dengan lembut ke target.
Bisa dibilang puting ini adalah bagian yang paling penting dalam permainan golf, sehingga merupakan ide yang baik untuk lebih sering berlatih dan mendapatkan putter bagus.
3 jenis klub di atas merupakan perlengkapan dasar untuk permainan golf. 


Selanjutnya anda perlu belajar untuk mengenali kapan anda harus menggunakan irons atau wood, perlu banyak berlatih di driving range maupun dilapangan untuk  memahami karakter dari masing-masing klub.

Referensi : http://istanagolf.com/tag/jenis-stik-golf/



14 komentar:

  1. mas kenapa tdk dilanjutkan blog nya? bagus sekali ini..informatif

    BalasHapus
  2. Mantap blog nya, tulisan nya mudah di pahami dibanding blog yg lain....knp ga di lanjutkan mas?

    BalasHapus
  3. wah, menarik sekali tip-tipsnya sangat membantu bagi pegolf pemula,
    kami tunggu tips-tips berikutnya ya..!
    salam sukses dari kami

    Jualsepatugolf.blogspot.com

    BalasHapus
  4. wah, menarik sekali tip-tipsnya sangat membantu bagi pegolf pemula,
    kami tunggu tips-tips berikutnya ya..!
    salam sukses dari kami

    Jualsepatugolf.blogspot.com

    BalasHapus
  5. akhirnya saya tau.....hahahaha......tnx utk infonya....

    BalasHapus
  6. Mantap, mencerahkan para pemula

    BalasHapus
  7. Mantap, mencerahkan para pemula

    BalasHapus
  8. Kalau bisa dalam hitungan meter dong. Meskipun ukuran pukulan dalam yard tp dilapangan kan tetep aja meter. Tolong dong bos

    BalasHapus
  9. Klo bisa di lengkapi aneka merk stick golf..berikut serinya (dr baru s/d yg lama) plus range (jarak pukulan) maximal yg bisa di hasilkan

    BalasHapus
  10. Infonya sangat bermanfaat...thanks...

    BalasHapus
  11. Makasih banyak info dan masukannya..newbie golf karena terpaksa, hehehe...artikel yg sangat membantu..mantab

    BalasHapus
  12. Terima kasih infonya yg sangat berharga.

    BalasHapus
  13. Harusnya d update mas... thanks infonya...

    BalasHapus